AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Memilih Software Payroll yang Tepat untuk Bisnis

Inovasi teknologi kini makin memudahkan UMKM maupun perusahaan dalam hal administrasi karyawan sehingga lebih rapi dan efisien. Salah satunya adalah dengan hadirnya software payroll yang bisa membantu kerja HR dalam menghitung dan memproses gaji karyawan.

Bicara soal karyawan, mungkin akan tampak mudah jika mengelola administrasi beberapa karyawan. 

Bagaimana jika sebuah perusahaan memiliki ratusan karyawan? Tentu tim HR butuh waktu berhari-hari berkutat dengan absensi, gaji karyawan, gaji lembur, reimburse hingga rentetan administrasi termasuk BPJS. Hal ini terjadi jika semuanya dikerjakan secara manual.

Disinilah peran software payroll terbaik yang dapat membuat proses administrasi personalia karyawan menjadi lebih efektif dan efisien setiap bulannya.

Alasan Memilih Software Payroll untuk Bisnis

Bukankah kita harus membayar untuk software payroll? Benar! tapi dibandingkan mempekerjakan manajer penggajian internal atau akuntan, memilih software payroll jauh lebih hemat apalagi bisnis Anda termasuk bisnis kecil/ menengah. Dengan menggunakan software payroll lebih hemat biaya bulanan tetap sehingga bisa jadi pertimbangan dan pilihan hemat biaya dalam jangka panjang. 

Selain itu, saat menggunakan software payroll, Anda dapat mengotomatiskan sebagian besar aspek proses penggajian. Lebih hemat waktu karena hanya perlu melakukan pengaturan awal. Lalu selanjutnya Anda dapat menjalankan penggajian online dalam hitungan klik setiap proses pembayaran. 

Software Payroll juga lebih minim kesalahan dibandingan penggajian secara manual. Setiap hitungan rumit akan diselesaikan dalam waktu singkat.

Memilih Software Payroll yang Tepat

Setiap perusahaan pasti ingin memiliki software payroll yang tepat dan sesuai kebutuhan. Pertanyaan bagaimana cara memilihnya?

Banyak sekali software payroll yang ditawarkan, namun secara garis besar ada beberapa hal yang bisa dijadikan patokan perusahaan untuk memilih aplikasi payroll:

1. Mudah Digunakan

User friendly menjadi sebuah pertimbangan penting dalam memilih aplikasi payroll. Hal ini dikarenakan software akan digunakan sehari-hari lebih hemat waktu dan akan diajarkan kepada divisi HR. Selain itu pilihlah juga software payroll yang nyaman (misalnya berbasis cloud) sehingga dapat diakses dimana saja diperlukan.

2. Teruji dan Akurat

Software payroll yang baik tentu memiliki perhitungan yang akurat dalam hal gaji karyawan. Jadi pastikan dulu software punya akurasi yang baik sebelum kita membelinya. 

Karena ini berhubungan dengan keuangan perusahaan. Jika hasil perhitungan software payroll tidak tepat, staf HR harus melakukan pengecekan ulang bahkan melakukan perhitungan ulang. Alih-alih menghemat waktu, perusahaan malah menambah waktu lebih lama. 

3. Software Payroll yang Update dan Fleksibel

Peraturan payroll di Indonesia tidak bisa dipastikan akan terus sama. Biasanya akan terjadi perubahan. Untuk itu pilihlah software yang selalu update untuk memastikan tidak terjadi masalah di kemudian hari. Software yang fleksibel juga membantu jika ada perubahan kebijakan perusahaan. Staf HR akan bisa menyesuaikan dengan software payroll yang sedang digunakan. 

4. Memiliki Fitur yang Lengkap

Fitur yang lengkap akan memudahkan perhitungan yang akurat. Kita sebaiknya memastikan setiap fitur berjalan dengan baik dan terintegrasi satu sama lainnya. Fitur yang lengkap juga membantu staf HR mempercepat perhitungan payroll pegawai setiap bulannya.

Mengenal Software Payroll GajiHub


Software payroll yang tepat adalah software yang memiliki fitur terintegrasi baik untuk gaji karyawan, HR, operasional, pajak dan pengelolaan data karyawan. Paryroll GajiHub menghadirkan teknologi untuk membantu bisnis dan menjaga keamanan data.

GajiHub merupakan software payroll yang akan mempermudah proses pengelolaan HR dan payroll bisnis. Dari administrasi manual, dengan menggunakan software payroll bisnis akan jadi lebih baik, transparan, serta mampu bersaing. 

Software payroll online GajiHub juga membantu merapikan pengelolaan manajemen SDM untuk usaha kecil dan menengah. Saat ini GajiHub telah membantu lebih dari 5.000 pebisnis untuk membantu pebisnis lebih dekat dengan teknologi serta mengupgrade bisnis mereka ke level berikutnya.

Dengan menggunakan Software Payroll GajiHub, perusahaan dapat mengakses data secara real time untuk membuat keputusan yang tepat. 

Keunggulan Software Payroll GajiHub

Satu aplikasi beragam manfaat! 

GajiHub menawarkan kemudahan sebagai berikut:

  1. Mengatur struktur golongan jabatan beserta range pendapatan/ skala upah
  2. Mengatur pengajuan cuti karyawan dengan mudah sesuai struktur organisasi yang berlaku di perusahaan
  3. Menghitung pajak karyawan (PPH21, PPh 26 dll) dan premi BPJS 
  4. Menghitung gaji karyawan lebih fleksibel karena dapat diakses secara online dengan beragam komponen tunjangan, termasuk mengkalkulasi lembur, THR, bonus dan benefit lainnya.
  5. Tersedia fitur analisis kerja karyawan secara real time diantaranya data kompensasi, demografi karyawan, dan data produktivitas.
  6. Pengelolaan cuti dan izin karyawan 
  7. Mengatur pengelolaan jam kerja menjadi lebih mudah
  8. Pencatatan absensi karyawan lebih optimal dan terintegrasi dengan sistem penggajian perusahaan
  9. Seluruh data karyawan bisa Anda akses dan kelola dalam satu sistem sehingga memudahkan Anda dalam melakukan manajemen SDM lebih efisien.
  10. Harga yang beragam mulai dari paket gratis, paket pro dan elite dengan beragam fitur menarik.

Dengan adanya software payroll, perusahaan akan dengan mudah mengatur gaji karyawan dan administrasi perusahaan sehingga lebih hemat waktu dan rapi. 

Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar