AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Aplikasi Belajar Online untuk Mendampingi PJJ Anak

Pandemi belum kunjung usai melanda dunia termasuk Indonesia. Selain kekhawatiran akan masalah kesehatan, saat ini pandemi memberi banyak dampak dalam kehidupan kita. Di berbagai tempat banyak bisnis yang akhirnya gulung tikar. Begitu juga di bidang pendidikan yang terkena imbas luar biasa. Anak-anak terpaksa belajar di rumah dengan berbagai kendala yang ada.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang saat ini dilakukan hampir seluruh sekolah memang tidaklah semudah yang dibayangkan. Baik guru, orang tua maupun murid menemukan masalah saat pelaksanaannya. Menjadikan pembelajaran yang menyenangkan di rumah merupakan sebuah tantangan yang harus di temukan solusinya. 

Berikut beberapa kendala yang dihadapi orang tua dan murid saat belajar dari rumah:

  1. Kurangnya fasilitas yang memadai. Tidak semua orang tua dapat memenuhi kebutuhan smartphone untuk belajar anak, begitu juga dengan kuota internet yang terbatas
  2. Kurangnya peran orang tua dalam membimbing dan mendampingi anak saat belajar di rumah. Hal ini dapat dipengaruhi oleh kesibukan orang tua mencari nafkah hingga orang tua yang kesulitan memahami pelajaran anak
  3. Anak yang kurang semangat dan tidak termotivasi. Mereka cenderung bosan dengan sistem pembelajaran daring dan malah tergoda untuk memanfaatkan smartphone untuk bermain game atau menonton
  4. Guru terkendala komunikasi dengan anak-anak serta kesulitan membuat metode belajar yang menyenangkan dan kreatif

Solusi PJJ Saat Pandemi agar Lebih Menyenangkan

Dengan banyaknya kendala yang dihadapi tentu semua pihak harus mengambil peran menemukan solusi terbaik agar anak-anak tetap semangat dalam belajar walau masih PJJ. Orang tua sebagai pendamping dan motivator punya peran sangat penting menentukan keberhasilan PJJ anak lebih baik kedepannya. Berikut beberapa tips yang bisa kita terapkan di rumah saat anak belajar online:

  • Agar pembelajaran efektif orang tua perlu mengatur dan mengelola waktu belajar dengan baik. Di pagi hari setelah anak-anak bersiap dan sarapan, segeralah ajak anak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Sebaiknya jangan ditunda-tunda dan fokus pada pembelajaran yang diberikan
  • Menyiapkan suasana belajar yang menyenangkan juga dapat menambah semangat anak dalam belajar. Orang tua bisa menghias ruang belajar dengan dekorasi atau poster menarik untuk menambah mood anak. 
  • Sediakan perlengkapan dan alat komunikasi untuk belajar sebelum pembelajaran dimulai agar anak bisa fokus saat pembelajaran dilaksanakan
  • Dampingi anak saat pembelajaran (apalagi jika anak-anak masih SD). sebagian anak biasanya akan lebih semangat dengan kehadiran orangtuanya. Anak pun dapat bertanya akan hal-hal yang tidak dipahaminya selama proses belajar.
  • Karena tidak setiap anak dapat menyerap pelajaran saat PJJ dengan baik, orang tua bisa memberikan pelajaran tambahan setelah sekolah atau memanfaatkan Aplikasi belajar online yang akan membuat siswa lebih memahami pelajaran sekolahnya.

Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Siswa

Aplikasi belajar online ruangbelajar merupakan salah satu terobosan dari ruangguru yang dapat menjadikan siswa menjadi lebih baik dari segi nilai dan karakter. Dengan hadirnya guru-guru terbaik dari setiap bidang ilmu, Ruangguru menjadi pilihan terbaik bagi orang tua yang peduli dengan pendidikan anak.

Ruang belajar merupakan layanan belajar online terlengkap di Indonesia yang memungkinkan siswa belajar mandiri dengan puluhan ribu video belajar beranimasi dan latihan soal yang bisa di download sehingga lebih hemat kuota.  Selain dapat menggunakan aplikasi di smartphone. Ruangbelajar juga dapat digunakan di laptop dengan mendownload aplikasi Ruangguru for Desktop, tersedia untuk Windows dan Mac.

Alasan Memilih RuangBelajar

Ruangbelajar merupakan aplikasi belajar online mandiri terlengkap dengan akses materi belajar lengkap sesuai kurikulum dengan Master Teacher dengan puluhan ribu video belajar yang dikemas dengan animasi yang menarik serta rangkuman infografis yang membuat siswa semakin paham dengan materi pelajaran sekolahnya. Selain itu ada beberapa kelebihan ruangbelajar diantaranya:

1. Tersedia Ratusan Ribu Soal dan Pembahasan yang Lengkap

Ruangbelajar dilengkapi beragam fitur-fitur latihan seperti bank soal, Latihan Bab, Cek Kemampuan, Kuis hingga pembahasan yang lengkap untuk untuk memastikan siswa menjadi lebih paham  akan materi yang dipelajari

2. Adanya Fitur Ruangguru Adventure dan Teman Belajar

Belajar di Ruangguru dilengkapi fitur gamification untuk membuat siswa lebih semangat dalam belajar. Semakin rajin, semakin banyak hadiah yang bisa dikumpulkan dan membuat pembelajaran jadi makin seru

3. Adanya Fitur Adapto

Adapto adalah salah satu fitur terbaru dari ruangguru yang rilis di bulan juli ini. Dengan kehadiran fitur adapto Jalan cerita   dari Video belajar makin lebih personal. Siswa merasa belajar dengan guru private lewat aplikasi belajar online ruangbelajar. 

4. Konsep Kilat

Pilihan jawaban yang diambil siswa akan menentukan arah kelanjutan dari video yang dipelajari. Pemahaman materi juga dilengkapi dengan Konsep Kilat berisi video-video berdurasi singkat dan infografis rangkuman.

5. Rapor Anak

Orang tua akan dimudahkan untuk memantau perkembangan belajar anak dengan hadirnya rapor anak. Orang tua cukup mengetik “Rapor Anak” ke WhatsApp Ruangguru di 081578200000 untuk dapatkan laporan belajar anak secara komprehensif

Semua fitur yang dihadirkan oleh aplikasi belajar online ruangbelajar dari ruangguru ini disajikan dengan menarik, lengkap dan memudahkan siswa dalam belajar sehingga menjadi salah satu solusi orang tua untuk memaksimalkan pembelajaran jarak jauh. 

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email