AZTbYVPopjvar4TJTJPzAz4SPbtvZW2vOh3lqEgw

Simak Pentingnya Pemanasan Sebelum Berolahraga

Posting Komentar


Selamat pagi dan semangat sehat teman-teman!

Olahraga menjadi hal yang sangat penting saat ini untuk menjaga kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh lebih optimal di masa pandemi. Olahraga apa nih yang sering kalian lakukan? 


Jogging, Bersepeda, atau Senam? apapun jenis olahraganya jangan lupa untuk melakukan pemanasan. Tujuan dari kita pemanasan sebelum berolahraga adalah agar tubuh kita tidak kaget saat melakukan aktivitas yang berat. Dengan melakukan aktivitas pemanasan akan membantu tubuh kita terhindar dari cedera saat berolahraga. 

tujuan dari kita pemanasan stretching sebelum olahraga



Pentingnya Pemanasan Sebelum Berolahraga

Aktivitas pemanasan sering kita jumpai saat menonton pertandingan di berbagai cabang olahraga seperti sepak bola, basket, bulu tangkis. Sebelum perlombaan dimulai, para atlet memastikan persiapan fisik dengan melakukan pemanasan untuk mempersiapkan kekuatan otot mereka agar tidak mudah kram saat pertandingan berlangsung.


Meski punya banyak manfaat, masih banyak nih orang yang tidak aware akan pentingnya pemanasan. Saya sendiri pernah mengalami kram otot saat melakukan olahraga futsal dikarenakan tidak melakukan pemanasan yang cukup sebelumnya. Kram yang dirasakan tentu saja menyakitkan. Otot kaki seperti tertarik sehingga menyulitkan untuk bergerak.


Nah biar kalian tidak merasakan hal yang sama, cobalah untuk mengetahui pentingnya pemanasan berikut ini:


  1. Mencegah Cedera

Salah satu tujuan kita pemanasan agar terhindar dari cedera. Pemanasan yang dilakukan dengan baik akan membuat otot lebih lentur dan tidak kaku. sehingga ketika olahraga dilakukan kita akan terhindar dari kram otot, cedera bahkan robek yang proses pemulihannya akan lama.


  1. Peredaran Darah Lancar

Pemanasan yang dilakukan bertahap sebelum olahraga akan meningkatkan sistem kardiovaskular. suhu tubuh akan naik dan meningkatkan aliran darah ke otot sehingga suplai oksigen akan tersebar ke seluruh tubuh. Peredaran darah yang lancar akan meningkatkan performa saat berolahraga. 


  1. Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat pemanasan sebelum olahraga adalah untuk mencegah ketidakseimbangan otot yang dapat mengganggu aktivitas fisik. Selain itu peregangan secara rutin dapat memperbaiki postur tubuh.


  1. Meningkatkan Fleksibilitas tubuh

Fleksibilitas tubuh penting dimiliki untuk mengurangi risiko terjadinya cedera atau nyeri pada area tubuh tertentu seperti sakit punggung. Hampir semua jenis olahraga membutuhkan latihan fleksibilitas. Nah, pemanasan yang dilakukan secara rutin dna konsisten ini bisa bantu meningkatkan fleksibilitas tubuh yang dibutuhkan. 


Gerakan Pemanasan yang Penting Sebelum Olahraga

Setelah mengetahui pentingnya gerakan pemanasan sebelum olahraga, kalian dapat mencoba beberapa gerakan pemanasan yang penting berikut ini:

  • Berlari dan melompat di tempat agar suhu tubuh naik dengan cepat. 

  • Melakukan gerakan memutar kepala dengan posisi berdiri dan kaki tegak selebar bahu. Lalu putar kepala ke kanan dan ke kiri secara bergantian dengan hitungan 20 detik.

  • Rentangkan kedua tangan lalu lakukan gerakan memutar bagian lengan atas ke dalam dan luar secara bergantian dengan hitungan 30 detik.

  • Lakukan gerakan memutar pinggang. Caranya posisi tangan di letakkan di atas pinggul lalu putar pinggang searah jarum jam dan sebaliknya. Kita bisa melakukan gerakan ini masing-masing 10 kali

  • Selanjutnya adalah lunges. Posisinya sama dengan gerakan putar pinggang, turunkan lutut kanan atau kiri sejajar lantai dengan sudut 90 derajat. Tahanlah posisi itu hingga 30 detik lalu lakukan gerakan lunges bergantian dengan lutut lainnya untuk melatih tubuh bagian atas, otot paha dan betis.

  • Kita juga bisa melakukan half squat untuk melatih otot di tulang belakang hingga otot bokong dan baha agar rileks dan lentur. Caranya dengan membuka kedua kaki selebar bahu, sedangkan posisi keuda tangan berada di sisi tubuh. Bentangkan tangan ke depan sambil mendorong pinggul ke belakang. Lalu tekuk lutut dan turunkan tubuh hingga kedua paha sejajar lantai. Half Squat dapat dilakukan 30 detik sebelum berolahraga.


Dengan melakukan gerakan pemanasan tersebut sebelum berolahraga akan membantu kita mengurangi risiko cedera. Jangan abai ya, untuk kesehatan kita!

 

 




Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email