Sudah 50 Tahun Berkarya, Apa Prestasi Suzuki Indonesia?

Posting Komentar
prestasi suzuki indonesia selama 50 tahun berkarya

Tidak terasa, tahun ini Suzuki sudah berusia 50 tahun di Indonesia. Dimana Suzuki di Indonesia ini dulunya bernama PT Indomobil Suzuki Internasional atau ISI, namun saat ini sudah berubah menjadi PT SIM atau Suzuki Indomobil Motor.

Pertama kali Suzuki hadir di Indonesia adalah pada tahun 1970 lalu, dimana saat ini Suzuki masih fokus berjualan sepeda motor.

Dan saat ini mereka sudah melebarkan sayap dengan tidak hanya menjual sepeda motor saja di Indonesia akan tetapi menjual mobil dan mesin tempel kapal juga, lalu  prestasi Suzuki Indonesia apa saja?

Sejarah Singkat Perjalanan Suzuki Di Indonesia

Sebelum membahas  prestasi Suzuki Indonesia ada baiknya Anda ketahui bahwa ada beberapa produk sepeda motor andalan Suzuki adalah misalnya seperti FR70 dan juga A110 yang sempat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Setelah 6 tahun hadir di Indonesia, Suzuki baru berani membuat fasilitas produksi pertama mereka di Pulo Gadung.

Dimana dibawah bendera Pt Indomobil Utama atau IMU, Pabrik yang berada di Pulo Gadung inilah yang menjadi salah satu cikal bakal terlahirnya fasilitas produksi berbagai macam produk Suzuki lainnya.

Nah jika tadi FR70 dan juga A110 adalah sepeda motor pertama yang ditawarkan Suzuki di Indonesia, untuk produk roda empat oleh Suzuki pertama kali di Indonesia adalah Pick Up ST 10 dan juga mobil mungil Suzuki Fronte.

Nah untuk mobil pick up pertama Suzuki ini kehadirannya bisa diterima baik oleh banyak masyarakat di Indonesia. Karena sebagai mobil Pick Up, mobil ini banyak dipilih oleh masyarakat yang memerlukan kendaraan niaga untuk memenuhi kebutuhan mobilitas mereka.

Tidak berhenti disitu, Suzuki kemudian memproduksi generasi kedua mobil pick up mereka yaitu Super Carry ST20 yang menjadi mobil pertama Suzuki yang diproduksi di Indonesia. Mobil ini juga sukses mengikuti jejak langkah pendahulunya yang mendapatkan penjualan laris manis kala itu.

Pasalnya, bukan hanya dijadikan sebagai kendaraan niaga saja. Namun Suzuki Carry ST20 ini juga digunakan untuk angkutan kota dan juga angkutan pedesaan. Selanjutnya perjalanan Suzuki berlanjut dengan merilis Suzuki Jimny LJ80.

Mobil jip ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena memiliki wujud yang gagah serta macho di zamannya. Dari 4 mobil itulah Suzuki sukses mengembangkan berbagai macam mobil terbaru mereka di Indonesia.

Prestasi Suzuki Di Indonesia

Kini sudah setengah abad usia Suzuki Indonesia, lalu apa saja sih prestasi Suzuki Indonesia setelah mengudara setengah abad di Indonesia tersebut? Nah berikut adalah beberapa prestasi yang diraih oleh Suzuki Indonesia.

2 Juta Unit Penjualan Mobil Suzuki

Menurut Marketing Director 4W PT SIS, Donny Saputra, Penjualan mobil Suzuki di akhir tahun 2019 lalu sudah hampir menyentuh angka 2 juta unit.

Itu baru penjualan di akhir tahun 2019 lalu, jika sekarang sudah hampir akhir tahun 2020 tentu saja angka penjualan mobil Suzuki pastinya sudah menginjak angka 2 juta unit mobil yang terjual.

Fasilitas Produksi Yang Terus Berkembang

Bukan hanya angka penjualan saja yang terus meningkat, namun fasilitas produksi dari Suzuki juga terus mengalami perkembangan. Dan kini setelah berusia 50 tahun di Indonesia setidaknya ada 4 fasilitas produksi yang dimiliki oleh Suzuki di Indonesia.

Berawal dari fasilitas produksi pertama mereka di Pulo Gadung, ini ada lagi tambahan fasilitas produksi yang berada di Tambun 1, Cakung dan juga Cikarang. Tentu saja adanya penambahan fasilitas produksi ini semakin meyakinkan bahwa Suzuki cukup sukses di Indonesia.

Produksi Suzuki Indonesia Yang Diterima Di Pasar Internasional

Dalam hal ekspors, prestasi Suzuki Indonesia juga terus menambah catatan baik. Dimana banyak sekali ragam produk yang berhasil diekspor dan dikapalkan sampai tujuan negara lain yang terus mengalami peningkatan.

Setidaknya di tahun 2020 ini tercatat ada 50 negara luar yang menjadi salah satu tujuan ekspor produk Suzuki di Indonesia. Dimana mayoritas dari negara tersebut didominasi oleh kawasan Asia dan juga kawasan Amerika Latin.

iIka dilihat dari awal dulu mungkin sudah hampir ratusan negara. Entah itu yang pernah atau yang saat ini masih menjadi tujuan ekspor dari Suzuki Indonesia.


Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email