Kenali Macam-Macam Kerusakan Keyboard dan Penyebabnya!

Posting Komentar
mengenali macam kerusakan keybord dan mengetahui penyebabnya

Keyboard merupakan salah satu aksesoris laptop yang paling penting. Dalam penggunaannya, keyboard laptop juga yang paling sering digunakan saat mengoperasikan laptop bersama dengan touchpad bawaan laptop. Selain itu, keyboard laptop pada umumnya memiliki dua model yang berbeda, yaitu sebagai aksesoris laptop Apple alias Macbook, serta sebagai aksesoris laptop Windows. Nah, karena laptop merupakan perangkat keras yang paling sering tersentuh jari-jemari kita, kadang kita tanpa sadar mengetik terlalu keras sehingga memicu sedikit demi sedikit kerusakan pada keyboard bawaan laptop. 

Mengenali Kerusakan Keyboard dan Cara Merawatnya

Lalu, kalau kamu memerhatikan, keyboard laptop juga memiliki celah-celah di antara tombol-tombolnya. Kurangnya pembersihan keyboard secara berkala juga dapat meningkatkan risiko kerusakan keyboard bawaan laptop dan membuat keyboard nampak kotor. Nah, jika kita menggunakan laptop dalam jangka lama, mungkin akan ada suatu waktu di mana keyboard mengalami kerusakan. Bagaimana cara mengenali kerusakan yang terjadi pada keyboard kita? Dan bagaimana cara merawatnya? Yuk simak ciri-ciri kerusakan keyboard dan cara merawatnya berikut ini!

1. Satu atau beberapa tombol keyboard tidak berfungsi

Suatu ketika, saat kamu sedang mengetik sesuatu, sebuah tombol di keyboard tidak bekerja dengan semestinya. Kadang, karena tidak sabaran, kamu terus menerus menekan tombol itu. Hal yang mungkin tidak kita sadari ini memicu kerusakan pada keyboard yang lebih parah. Bisa jadi kerusakan satu tombol menjalar ke tombol-tombol lainnya. Masalah ini cukup sering ditemukan pada kebanyakan aksesoris laptop keyboard. 

Tombol keyboard yang tidak berfungsi disebabkan oleh terjadinya konsleting pada tombol keyboard tersebut. Itu sebabnya tombol keyboard kadang tidak bisa menyala, atau menyala dan mati terus-terusan. Jika dibiarkan, tidak mustahil kalau tombol keyboard lainnya bisa terkena kerusakan yang sama. Hal ini disebabkan oleh energi listrik pada keyboard yang mengalir seperti air: jika salah satu node mengalami masalah, maka cepat atau lambat, node lainnya juga dapat terpengaruh.

2. Keyboard Mengetik Sendiri

Fenomena kerusakan lainnya yang terjadi pada aksesoris laptop keyboard adalah saat keyboard mulai mengetikkan huruf-huruf tanpa kita mengetiknya. Misalnya saat kita sedang bekerja atau mengerjakan tugas, tiba-tiba huruf A atau huruf C tiba-tiba tertekan banyak sekali. Apakah hantu yang mengetiknya….? Oh tentu saja tidak. Serupa dengan masalah di atas, penyebab masalah ini adalah konsleting pada keyboard, tetapi menimbulkan dampak yang berbeda. 

Untuk masalah seperti ini, ada baiknya di bawa ke tempat servis sebelum terlambat. Mungkin perbaikan ini hanya bersifat sementara waktu, karena “gejala” yang sama dapat kambuh lagi. Di saat seperti ini, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan keyboard eksternal pada laptopmu.

3. Terdengar Bunyi “Tut” atau Beeping saat Menyalakan Laptop

Pernah kamu mendengar bunyi seperti “tut” atau beeping panjang saat hendak menyalakan laptop? Masalah seperti ini biasanya disebabkan oleh satu atau beberapa tombol yang ditekan terus menerus. Suara beeping panjang yang terdengar itu merupakan efek samping dari tombol yang terus aktif saat laptop akan dinyalakan.

4. Memicu Laptop Tidak Bisa Menyala

Paling parah, kerusakan atau konslet yang terjadi pada keyboard laptop dapat menyebabkan laptop tidak mau menyala. Saat kamu menyalakan laptop, tampilan yang tertera pada monitor laptop adalah hitam blank, atau bahkan laptop tidak menunjukkan tanda-tanda akan menyala. Hal ini dapat menjadi pertanda bahwa keyboard mengalami kerusakan dan membuat laptop tidak bisa bekerja dengan baik.

Nah, itu dia beberapa kerusakan pada keyboard laptop yang harus kamu cermati. Sedikit saja kerusakan pada keyboard, jika diabaikan begitu saja, dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Pada saat seperti itu, kamu perlu memeriksakan laptop beserta semua perangkatnya ke toko servis, atau membeli perangkat keyboard baru untuk menunjang kinerja laptop. 

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email