Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Ketiak Iritasi

Posting Komentar
mencukur ketiak bisa menyebabkan iritasi

Ketiak merupakan salah satu area tubuh yang paling hangat dan lembab. Perlu perawatan ekstra untuk menjaga ketiak agar tetap bersih. Jika kita abai, tak menutup kemungkinanan ketiak iritasi akan terjadi.

Iritasi pada ketiak bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur, alergi, biang keringat dan masalah kulit lainnya. Seringkali terjadi di musim panas karena pada saat itu ketiak cenderung lebih lembab yang disebabkan oleh banyaknya keringat.

Penyebab Iritasi Ketiak

Ketiak yang iritasi akan mengalami gatal, rasa sakit, rasa seperti terbakar, bintik kemerahan, bersisik bahkan bisa berubah menjadi hitam  dan gejalanya seringkali membuat tidak nyaman dalam beraktivitas. Iritasi pun bisa terjadi selama beberapa jam hingga berbulan-bulan. perlu penanganan yang tepat seperti menggunakan obat-obatan atau bahan alami di rumah.

Namun sebelum mengobati ketiak yang iritasi kita perlu mengetahui apa yang menyebabkannya agar bisa mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah dan mengatasinya.

Berikut beberapa penyebab iritasi pada ketiak: 

1. Mencukur ketiak

Rambut ketiak memang membuat kita tidak leluasa mengenakan pakaian tertentu seperti baju lengan pendek. Kebanyakan orang akhirnya memilih mencukur rambut ketiak hingga bersih. Namun mencukur ketiak tanpa hati-hati bisa menyebabkan iritasi ketiak. Biasanya iritasi ditandai dnegan muncul ruam merah disekitar ketiak, perih dan kulit ketiak bisa menjadi hitam. Solusinya, cukur ketiak dengan gerakan ke atas, gunakan pisau cukur yang berkualitas, dan tambahkan krim cukur sebelum mulai mencukur ketiak.

2. Infeksi Jamur                                                                                    

Iritasi ketiak juga bisa disebabkan oleh jamur yaitu Candida Albicans. Sebenarnya jamur ini biasa ada dalam tubuh, namun karena imunitas yang menurun, pertumbuhan jamur di bagian lembab jadi berlebihan. Infeksi jamur sering terjadi pada daerah lipatan-lipatan tubuh dan menyebabkan kulit gatal dan iritasi.

3. Dermatitis

Dermatitis bisa menyebabkan peradangan dan gatal pada kulit ketiak. Warna kulit ketiak yang kemerahan disertai dengan gatal merupakan gejala umum dari penyakit ini. Dermatitis biasanya muncul karena reaksi alergi terhadap obat-obatan, sabun cuci, parfum dan lain-lain.

4. Kurangnya Kebersihan

Ketiak merupakan daerah yang sensitif dan rentan akan penumpukan bakteri jika tidak menjaga kebersihan apalagi kita tipe orang yang punya keringat berlebih. Jadi kurangnya kebersihan bisa menyebabkan ketiak iritasi

5. Pemilihan Deodorant yang Tidak Tepat

Deodorant sebenarnya punya efek yang bagus untuk mengurangi bau badan. Namun jika salah memilih deodorant bisa menyebabkan iritasi pada kulit ketiak dan menyumbat kelenjar keringat. Hal ini bisa membuat ketiak jadi gatal, komedo dan rasa sakit. 

Cara mengatasi ketiak yang Iritasi

Rasa sakit dan perih saat ketiak iritasi membuat tidak nyaman. Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya

1. Kompres dengan Air Dingin

Untuk mengatasi ketiak yang gatal dan iritasi kita bisa mengompres ketiak dengan kompres dingin, sekitar 5–10 menit atau hingga rasa gatal mereda. Air dingin akan membantu mengurasi rasa gatal, perih dan meredakan iritasi. 

2. Mandi air hangat

Selain menggunakan air dingin, kita juga bisa mandi menggunakan air hangat. Air hangat akan membantu mengurasi rasa gatal akibat iritasi

3. Oleskan Pelembab

Setelah membersihkan ketiak dengan air dingin atau mandi air hangat oleskan pelembap yang tidak mengandung pewangi atau krim antigatal. Pelembab bisa menenangkan kulit dan mencegah peradangan saat iritasi.

4. Hindari Mencukur Ketiak Sementara Waktu

Saat kulit iritasi atau sedang gatal usahakan untuk tidak mencukur karena kulit ketiak mu sedang sensitif. Jika iritasi sudah sembuh sebaiknya juga mengindari kebiasan mencukur. Sebaiknya menggunakan metode lain untuk menghilangkan bulu ketiak.

5. Hindari Pakaian Ketat

Agar ketiakmu bisa sembuh dari iritasi sebaiknya mulai menggunakan pakaian yang longgar atau tanpa lengan untuk mengurangi gesekan di kulit ketiak. 

6. Gunakan Deodorant Khusus yang Aman untukk Kulit Ketiak

Penggunaan deodorant yang tidak tepat akan menimbulkan iritasi pada ketiak. Jadi hati-hatilah dalam memilih deodorant. Ada produk deodorant yang punya manfaat ekstra, selain mencegah bau badan dan keringat berlebih, Dove Ultimate Repair Deodorant bisa memulihkan kulit yang mengalami iritasi setelah bercukur . Deodorant ini juga mengandung vitamin B3 untuk memperbaiki noda gelap pada ketiak. 

Nah itu tadi hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi iritasi pada ketiak. Tetap jaga kebersihan agar ketiakmu tidak mudah iritasi!


Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email