Cara Mendaftar di Universitas Muhammadiyah Bengkulu 2020

Hii adik-adik putih abu-abu SLTA/SMK/MA, apa kabarnya nih? Semoga Allah SWT selalu melindungi adik-adik dari berbagai macam penyakit dan gangguan yang menghambat karir adik-adik nanti.
Ohya, Sudah dapat informasi mengenai kelulusan jalur Mandiri PTN? 

Bagi yang lulus saya ucapkan selamat ya dan bagi yang belum lulus jalur Mandiri PTN ga usah patah arang atau hilang semangat buat kuliah ditempat 'bergengsi'. Karena sejatinya tidak selalu kesuksesan itu harus diawali dengan masuk pada Perguruan Tinggi Negeri, banyak contoh juga profile orang sukses tidak pernah sekolah malahan, tapi memiliki banyak perusahaan terkenal di Indonesia dan... yang tidak sekolah tadi banyak memperkerjakan atau punya anak buah lulusan sarjana loh (ini dibaca pelan-pelan). hee...

Balik lagi ke persoalan tidak diterima di PTN, kali ini saya akan memberikan salah satu solusi (barangkali sih) yang masih ingin kuliah karena masih ingin mencari ilmu lagi, mendapatkan gelar, membahagiakan orang tua (its oke, bagus). Tapi ada juga mau kuliah biar tidak dibilang nganggur, waduh kalau bisa alasan ini jangan dipakai ya. Apalagi ada niat ingin kuliah karena ingin dapat gebetan baru... ini dihindari, ingat ! dihindari dahulu ya, apalagi kuliah masih menggunakan dana abadi orang tua atau disebut juga beasiswa orang tua. Sayang sekali bukan, uang ortu kita dipakai 'setiap malam' minggu buat traktir gebetan, apalagi waktu dan pikiran kita tercurahkan pada satu sosok bukan pada perkuliahan yang maha berat harus dijalani oleh seorang 'maha'siswa.


Ceramah nya udahan dulu ya ! Oke, bagi adik-adik mau Kuliah tapi ga diterima di PTN tapi tetap ngotot mau kuliah. Ada nih Perguruan Tinggi Swasta khususnya di Bengkulu memiliki banyak program studi yang bisa kamu masuki sesuai dengan minat atau bakat yang telah diasah sedari dulu. Ya, saya rekomendasikan adik-adik daftar saja di Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang Akreditasi Institusinya B dan Akreditasi program studinya juga B.



dari gambar diatas terlihat bukan, kalau di UM Bengkulu memiliki 23 Program Studi (program sarjana-S.1) dan 1 program studi pendidikan biologi (program pascasarjana-S2), dan kabarnya kampus ini akan menambah program studi baik S.1. maupun S.2. nya, jadi kita tunggu kabar selanjutnya. Biar kamu ga bosan baca, untuk sekedar melihat Profile kampus ini, adik-adik bisa lihat di Media Sosial Resmi UMB seperti di Facebook di Instagram atau di Youtube. Disana akan menjelaskan apa dan seperti apa sih UM Bengkulu ini agar bisa membantu adik-adik memantapkan pilihan untuk terus belajar di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Cara mendaftar di UM Bengkulu cukup gampang sekali adik-adik, tidak sesulit membuka kuaci ya hihihi... Semaksimal mungkin saya coba bantu adik-adik bagaimana mendaftar di UM Bengkulu (UMB) ini.

1. Jika masa pandemi ini adik-adik masih social distancing, daftar lewat smartphone nya cukup klik tulisan berwarna biru tersebut http://pmb.umb.ac.id/pmb/  atau Pilih Menu Pendaftararan, Kemudian isi data atau langsung saja klik http://pmb.umb.ac.id/pmb/daftaronline.php  nanti adik-adik akan menemui layar/tampilan seperti ini 


gambar ini menjelaskan bahwa, untuk masuk pada form formulir pendaftaran online di UM Bengkulu, adik-adik terlebih dahulu memasukkan NIK/atau No.KTP. Bagi adik-adik belum punya KTP, maka NIK adik-adik bisa dilihat pada Kartu Keluarga/KK adik-adik semua dan klik 'cek status' maka adik-adik akan diarahkan ke kolom formulir pendaftaran mahasiswa baru. Oke... Clear ya batas ini.

2. Selanjutnya setelah mengisi NIK dan klik 'cek status' maka adik-adik akan diarahkan ke kolom formulir pendaftaran mahasiswa baru. Silahkan isi data yang diminta pada setiap item isian form tersebut.

khusus bagaimana mengisi form tersebut secara detail, enakan kita melihat video nya ya. Oke saya bagikan link nya bagaimana cara mengisi form pendaftaran maba di UM Bengkulu. https://www.youtube.com/watch?v=RgWXrxWwVoA cekidot ya.


3. Nah jika sudah selesai melakukan pendaftaran, adik-adik segera lakukan proses Daftar Ulang dengan melengkapi persyaratan daftar ulang seperti dibawah ini:

Pendaftaran Mahasiswa Baru UM Bengkulu ini gratis, dan kabar baik selanjutnya ada potongan 50% dari UKT semester 1 khusus mahasiswa baru yang mengambil jalur Reguler. Perbedaan antara Reguler (di form pendaftaran disebut Reguler 1) dengan Ekstensi (di form pendaftaran disebut Reguler 2) adalah terletak pada jadwal kuliah dan biaya UKT. Jika Kelas Reguler/Reg.1 jadwal kuliahnya Senin-Jum'at sedangkan Kelas Ekstensi/Reg.2 jadwal kuliahnya Jum'at-Sabtu. Sedangkan perbedaan pada biaya UKT, Ekstensi lebih mahal daripada kelas Reguler.


Sebelum nya UM Bengkulu memberikan keringanan cara membayar dengan 2x bayar setiap semester. Cara menghitung Potongan 50% cukup gampang, contohnya begini, kita fokus pada biaya semester 1. Jika pada semester 1 Tahap 1= 2.000.000 dan Tahap 2=2.000.000 maka jika di jumlahkan (tahap 1 + tahap 2)= 4.000.000 x 50% maka total UKT Maba UMB tahun 2020 sebesar Rp. 2.000.000 (dua juta rupiah) berlaku semester 1 untuk mahasiswa Reguler.

Kemudian bagaimana dengan uang pangkal/uang daftar ulang sebesar Rp. 600.000 tersebut? Jawabannya adalah uang 600.000 tersebut sudah termasuk UKT semester 1 yang telah dipotong 50% tadi. Jadi cara menghitungnya begini. Jika adik-adik Registrasi Ulang/Daftar Ulang membayar uang pangkalnya 600k maka 2.000.000 - 600.000 = Rp. 1.400.000 (satu juta empat ratus ribu rupiah) dibayarkan setelah OSPEK dan terakhir sebelum UAS.

Sebagai Informasi Penting, jika ada kampus menerapkan UKT (Uang Kuliah Tunggal), maka kampus tersebut tidak akan ada pungutan uang ini uang itu lagi selama perkuliahan berlangsung. Dan UKT juga bisa memberikan informasi pasti berapa sih yang harus ortu keluarkan per semesternya sampai diwisuda nanti. Dan UKT UM Bengkulu tidak ada pembedaan pada besaran pendapatan orang tua atau profesi orang tua. Dengan kata lain UKT UM Bengkulu akan berlaku sama dengan semua Mahasiswa Baru yang masuk di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. 

Jadi, dari penjelasan singkat diatas dapat kita simpulkan:

1. Mendaftar di UMB gratis

2. Biaya Daftar ulang nya cukup 600.000 bisa langsung kuliah dan sudah termasuk UKT Semester

3. Persyaratan Gampang terutama bagi yang belum dapat ijazah bisa diganti dengan FC Ijazah SMP dahulu (sementara)

4. Daftar ulang bisa melalui WhatsApps atau datang langsung ke kampus 1

5. Memiliki 23 Program Studi (S.1) dan 1 Program Pascasarjana Pend. Biologi (S.2)

6. Akreditasi UMB "B" dan Akreditasi Program Studi "B"


Catatan:

*Pendaftaran secara langsung di Kampus sudah bisa dengan cara melengkapi syarat pendaftaran yang tertera di Brosur Pendaftaran Mahasiswa Baru UMB TA. 2020/2021. 

*Pendaftaran UMB diperpanjang dengan Gelombang Ke-3 berakhir sampai tanggal 30 September 2020


(Eka Sahputra Call Center PMB UMB 2020)

Tidak ada komentar