Tips Menjadi Lebih Produktif

menjadi produktif
image : pixabay

Rutinitas yang sama setiap hari yang selalu sama seringkali membuat kita tidak bersemangat menjalani aktifitas. Banyak yang bilang hal ini dikarenakan adanya kesalahan mengawali hari di pagi hari. Ternyata waktu pagi adalah langkah untuk memulai hari agar lebih maksimal dengan energi positif. Jika pagi diisi dengan semangat yang penuh, akan membuat hari anda menjadi produktif. Sebaliknya jika anda memulai pagi dengan malas, tak bersemangat dan mengeluh tentu akan merugikan diri sendiri.

Produktif artinya anda memiliki kemampuan untuk mencipatkan hasil kerja terbaik dan bermanfaat dalam waktu singkat serta terencana. Lalu bagaimana sih caranya agar menjadi orang yang produktif? Yuk simak tips berikut ini :

Bangun Lebih Pagi

Orang tua dulu sering menyindir tentang kebiasaan tidur. Menurut mereka jangan bangun siang nanti rejeki akan di patok ayam. Pepatah ini ada benarnya, bangun di pagi hari dan mulai bergerak melakukan aktifitas lebih tenang dan santai. Suasana pagi yang udara yang segar dan pemandangan yang indah akan membuat mood menjadi lebih baik. Hal ini akan membantu tubuh dan pikiran lebih produktif dalam berpikir dan beraktfitas.

Merencanakan Aktifitas

Agar menjadi produktif, anda harus punya skala prioritas akan sesuatu yang harus dikerjakan. Sebaiknya rencanakan sebelum tidur atau bangun kegiatan apa saja yang akan anda lakukan. Misalnya di pagi hari memulai dengan memebrsihkan rumah dan memasak, lalu menyiram tanaman, dan berangkat ke kantor. Pilihlah kegiatan yang paling prioritas untuk dikerjakan lebih dahulu, ingatlah untuk memberi jeda waktu istirahat agar tubuh tetap sehat dan semangat menjalani aktifitas.
Perencanaan aktiditas juga membuat kita bisa mengevaluasi kegiatan harian apa saja yang sudah dilakukan dan belum dilakukan serta menilai apakah kegiatan yang anda jalani sudah sesuai dengan target dan rencana.

Berolahraga

Olahraga mungkin terlihat sepele, sebagian orang juga menganggap melelahkan, menghabiskan waktu dan membuat anda letih. Namun ternyata olahraga yang rutin justru mampu meningkatkan energy untuk menjalani aktifitas harian yang padat. Olahraga singkat di pagi hari membantu untuk menyegarkan pikiran juga tubuh. Dengan begitu mood akan lebih baik untuk menjalani hari dengan produktif.

Tak Pernah Berhenti Belajar

Menimba ilmu adalah kegiatan yang harusnya tidak pernah selesai selama kita hidup. Setiap hari kita perlu belajar suatu hal baru. Tak melulu melalaui sekolah formal, belajar nyatanya bisa dilakukan kapanpun ddan dimanapun. Misalnya dengan bergabung bersama komunitas, membaca buku, berdiskusi atau pun menonton tontonan yang bermanfaat. Dengan terus belajar akan meningkatkan kualitas hidup kita sebagai manusia dan meningkatkan produktifitas hidup agar jadi orang yang bermanfaat bagi orang lain

Luangkan Waktu untuk Istirahat

Tubuh punya hak untuk istirahat. Jadi jangan paksakan diri untuk terus bekerja hingga lupa akan kesehatan. Agar hari lebih produktif tinggalkanlah kebiasan bergadang. Lebih baik anda tidur lebih awal sehingga bisa bangun dengan semangat di pagi hari.

Seseorang yang tidur terlalu malam dan harus bangun pagi hari akan kekurangan waktu istirahat yang membuat tubuh menjadi lesu, tidak fokus serta mudah marah yang akan berpengaruh pada aktifitas seharian. Jadi sebaiknya gunakanlah waktu malam untuk mengistirahatkan tubuh. Setidaknya tubuh butuh waktu minimal 6 jam untuk beristirahat agar saat bangun pagi anda menjadi lebih produktif dan prima sepanjang hari.

Nah itu tadi tips yang bisa anda terapkan untuk menjadi produktif. Penting sekali untuk menanamkan niat di dalam hati agar anda menjalani aktifitas dengan ikhlas serta semangat
Semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar