Cara Efektif Menghilangkan Hewan Tinggi atau Kutu Kasur


Kutu kasur atau tinggi memang menyebalkan dan membuat Anda tidak nyaman saat tidur. Berharap bisa nyenyak malah anda terus khawatir terkena gigitannya yang membuat gatal. Sebagian orang juga bisa terkena alergi ataupun terjangkit penyakit seperti scabies dan sistem pernapasan. Kutu kasur atau tinggi merupakan jenis serangga yang meminum darah, menggigit dan agresif ketika malam dan membuat anda kesuitan diru. Kutu kasur tinggal dan bertelur di kasur serta menyukai lipatan kasur maupun tempat tersembunyi lainnya. Untuk menghilangkan hewan tinggi dan menjaga kasur tetap bersih, ada beberapa cara efektif yang bisa anda lakukan seperti berikut ini :

Menjemur Kasur

Sejak kecil, ibu saya selalu cerewet mengenai kebersihan kasur. Ia meminta saya menjemur kasur setidaknya setiap minggu. Menjemur kasur merupakan hal sederhana untuk menjaga kebersihan kasur dan menghilangkan hewan tinggi atau kutu aksur yang sangat mengganggu. Jemur kasur, bantal, guling dan selimut di bawah sinar matahari langsung. Anda bisa memukul kasur dengan sapu lidi atau pemukul  dan jemur serikdaknya dua hingga tiga jam. Cara ini akan membuat kutu terpaksa keluar dari tempat persembunyiannya. . Sebaiknya sebelum menjemur, Anda perlu memindahkan barang yang ada di kamar agar debu dan kutu kasur tidak menyebar ke tempat lain saat proses menjemur Jika perlu sapu pel dan berikan wewangian ruangan, atau gunakan vaccum cleaner untuk membersihkan debu yang menempati tempat-tempat yang sempit.
Sama seperti nyamuk biasanya kutu kasur tidak menyukai wangi-wangian terutama bunga lavender. Selain itu itu juga kutu kasur tikda menyukai wangi eucalyptus, peppermint, dan tea trea.

Cuci Seprai dengan Air Panas

Selain menjemur kasur, anda juga perlu mencuci semua seprai, sarung bantal dan guling dengan campuran air panas dan sabun anti bakteri. Keringkan di bawah sinar matahari langsung. Anda pun bisa menyemprotkan anti bakteri di sela-sela kasur agar hewan tinggi bisa musnah.

Gunakan Silika Gel

Ternyata untuk menghilangkan hewan tinggi atau kutu kasur bisa dengan menggunakan silica gel. Untuk membasmi kutu ini digunakan dengan cara menabur ke seluruh kamar dan bagian kasur. Selanjutnya kutu akan menempel pada silica gel dan mati dengan sendirinya.

Campuran Minyak Tanah dan Kapur Barus

Cara lain yang cukup efektif membasmi hewan tinggi adalah dengan menyemprotkan campuran minyak tanah dan kapur barus  ke area yang menjadi sarang kutu kasur. Bahannya mudah didapat serta ampuh membasmi hewan tinggi

Cuka

Selain menjadi bahan untuk masak, cuka juga merupakan bahan yang berfungsi untuk menghilangkan hewan tinggi. Cukup semprotkan cuka ke tempat bersarang kutu kasur maka kutu dan telurnya akan cepat mati. Cuka tidak perlu dicampur dengan air. Cukup dipindahkan ke botol semprot.

Garam

Garam pun merupakan bahan yang multifungsi. Campuran garam dan air bisa anda masukkan ke botol semprot dan semprotkan ke kasur dan aera lain  yang menjadi sarang kutu. Mudah dan hemat nih!

Gunakan Kapur Ajaib
Kapur Ajaib dikenal sebagai pembasmi serangga dan kutu kasur pada ruang tidur. Caranya sangat mudah, cukup dnegan mengoleskan kapur ajaib pada tempat-tempat yang terpapar kutu kasur seperti tempat tidur, sudut tempat tidur dll. Namun hati-hati menggunakannya jangan sampai mengenai anda apalagi jika mempunyai anak-anak.
Nah itu tadi beberapa cara yang bisa anda coba untuk menghilangkan hewan tinggi yang sangat mengganggu. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar