Perbedaan Antara Sedekah dan Infak

Assalamu'alaikum wr.wb.

tentu semua muslim sering mendengar kata-kata Sedekah dan Infak ataupun zakat. Baik itu berupa sedekah, infak maupun zakat semua adalah perintah oleh Allah SWT dan Rasulullah yang diperintahkan kepada setiap muslim dengan syarat dan ketentuan. Nah, jika perbedaan antara 3 perintah tersebut secara umum seperti:
1. Sedekah dalam banyak dalil tidak selalu berhubungan dengan uang, akan tetapi apapun yang bisa diberikan dan bermanfaat bagi sebagian orang lain. Seperti perintah senyum kepada saudara muslim lainnya dikategorikan sebagai sedekah.

2. Infak sudah dipastikan pemberian dalam berupa uang/dinar/emas.

3. Zakat adalah perintah wajib untuk memberikan sesuatu kepada saudara lainnya berupa harta yang dimiliki yang sudah sampai ketentuannya. Ada 2 jenis zakat, yaitu zakat fitri dan zakat mal. Jika zakat fitri wajib dikeluarkan setiap muslim. Jika zakat mal dikeluarkan zakatnya jika sudah sampai ketentuan syariat.

1 komentar

  1. Those differences that you described have a place to be, but still they are not so serious, so you can continue to use whatever is convenient for you.

    BalasHapus