4 Manfaat Berenang Untuk Anak


Anak-anak biasanya senang sekali bermain air dan berenang. Mereka akan sangat bergembira dan momen berenang jadi hal yang mengasyikkan sambil berekreasi. Selain itu berenang pun bisa menjadi olahraga juga bersama anggota keluarga.

Bagi anak-anak ternyata berenang punya banyak manfaat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh mereka. Apa saja manfaat berenang untuk anak? Yuk simak pembahasannya di bawah ini :

1. Melatih Otot di Seluruh Tubuh Anak

Teman-teman sudah tahu tidak jika kepadatan air di dalam kolam renang 800 kali lipat dibandingkan udara sehingga sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot tanpa beban yang berlebihan pada persendian. Selain itu juga bisa melatih otot jantung dan paru-paru anak loh.

2. Meningkatkan Keterampilan Motorik

Saat berenang, tubuh anak terutama kaki dan tangan sangat aktif bergerak. Dengan berenang secara teratur maka keterampilan motorik anak semakin baik. Selain itu koordinasi mata dan tangan nya akan menjadi lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang tidak berenang sejak bayi.

3. Meningkatkan Nafsu Makan dan Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Saat berenang, anak-anak membutuhkan energy yang cukup banyak untuk bergerak. Sehingga setelahnya mereka biasanya akan merasa lapar dan meningkat nafsu makannya. Berenang juga membuat anak lebih mudah tidur karena mereka butuh istirahat setelah melakukan olahraga.

4. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Pergerakan tubuh yang berpola saat berenang akan sangat membantu perkembangan otak anak karena gerakan berenang mengaktifkan saraf di otak yang mengatur komunikasi, umpan balik dan penghantar rangsang. Dengan begitu biasanya kemampuan membaca akan meningkat, begitu  juga dengan perkembangan bahasa, pembelajaran akademik, dan kesadaran spasial anak.

Dengan banyak manfaat berenang, baiknya memang anak-anak diajarkan berenang sejak dini. Namun perlu diperhatikan orang tua untuk selalul menemani anak-anak saat berenang apalagi jika anak baru belajar berenang. Lengkapi juga anak dengan nutrisi yang seimbang agar tubuh mereka semakin kuat untuk melakukan aktifitas berenang.

Salah satu nutrisi yang baik adalah susu. Sebagian anak biasanya mempunyai alergi protein susu sapi. Untuk itu orang tua bisa memberikan Susu Soya untuk Anak 1 tahun sebagai pengganti susu sapi. Dengan stimulasi dan nutrisi yang tepat, orang tua bisa membantu anak mencapai impiannya.

1 komentar

  1. This kind of sport has a positive effect on the body and helps to develop all the muscles and thereby help the child develop and grow healthy.

    BalasHapus