Beberapa Jenis Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak

Anak-anak membutuhkan nutrisi dalam tumbuh kembangnya. Setiap asupan makanan yang dikonsumsi akan menunjang pertumbuhan serta kecerdasan otak si kecil. Tentu saja kita menginginkan buah hati tumbuh menjadi anak yang hebat.

Penting sekali bagi orang tua untuk mendukung tumbuh kembang si kecil dengan memberikan stimulasi yang tepat serta memenuhi kebutuhan fisik serta biologis si kecil. Caranya yaitu dengan memberikan asupan nutrisi seimbang serta penting bagi otak. Jika nutrisi otaknya cukup tentu akan menunjang kemampuan fisik serta bisa membuat imunitas tubuhnya lebih kuat.

Nutrisi otak bisa anak-anak dapatkan dari makanan yang bergizi dan seimbang. Anak-anak membutuhkan beberapa zat nutrisi seperti karbohidrat , protein, lemak, vitamin,  dan mineral. Ada banyak jenis makanan yang baik untuk perkembangan otak anak  diantaranya adalah :


1. Susu

Tak bisa dipungkiri susu untuk perkembangan otak anak sangat penting. Susu merupakan minuman yang sehat serta sumber nutrisi seperti  protein, kalsium, kalium, vitamin B dan D yang  berperan dalam pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan juga enzim. Selain itu susu juga bisa bagus untuk pertumbuhan tulang, saraf, otot dan membuat anak lebih cerdas. Sebaiknya mengkonsumsi secara rutin dua kali sehari terutama di masa tumbuh kembang anak agar ia sehat juga jadi anak yang hebat dan cerdas.

2. Telur

Anak-anak sangat menyukai telur. Ternyata telur juga sangat baik untuk perkembangan otak anak. Kandungan protein pada telur bagus sekali untuk kecerdasan. Telur mengandung kolin yang baik untuk menajamkan ingatan.

3. Alpukat

Alpukat sangat baik dikonsumsi anak-anak sejak bayi. Kandungan lemak baik yang terkandung di dalamnya sangat bagus sebagai sumber energy yang menunjang aktifitas anak. Selain itu ada pula serat dan vitamin E yang baik untuk pertumbuhan perkembangan otak anak. Alpukat juga bisa dijadikan menu alternative jika si kecil mogok makan.

4. Beragam Sayuran

Selain sebagai sumber serat, sayur-sayuran berwarna, seperti bayam, wortel, kentang, dan brokoli sangat bagus untuk anak. Ada kanndungan vitamin, karbohidrat, dan antioksidan yang dapat mempertajam ingatan anak. Dengan begitu pelajaran yang didapat anak akan semakin mudah di ingat.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk anak. Selain memberikan makanan yang bergizi jangan lupa untuk lengkapi si kecil dengan susu pertumbuhan agar ia tumbuh jadi anak hebat yang cerdas. 

Tidak ada komentar