Beginilah Cara Memelihara Ayam Potong Dari Kecil



Di Indonesia, konsumsi daging ayam cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Belum lagi, semakin banyaknya pengusaha-pengusaha kuliner yang membidik ayam sebagai bahan bakunya. Akhirnya berbagai macam olahan dari daging ayampun semakin beragam. Untuk Anda yang tidak tertarik dengan bisnis kuliner, bisa membidik pasar lainnya yang masih berkaitan dengan ayam. Yaitu, menjadi peternak ayam potong. Jika Anda tertarik, simak cara memelihara ayam potong dari kecil hingga akhirnya bisa di panen pada artikel ini.

Sebelum memutuskan untuk berternak ayam potong, sebaiknya Anda tahu jenis-jenis ayam potong yang biasa ditemukan dan dikonsumsi. Cobb, Ross dan Hybro adalah jawabannya. Ketiganya memiliki kemampuan yang baik untuk beradaptasi dengan iklim tropis seperti di negara ini. Dan ini dia cara memelihara ayam-ayam potong tersebut. Berikut ini cara memelihara ayam potong dari kecil:

Bibit

Pilihlah DOC atau Day Old Chicken yang berkualitas, ciri utama DOC yang baik adalah yang berasal dari indukan yang juga sehat. Terbebas dari penyakit, tidak cacat seperti buta, kaki yang pincang atau kelainan lainnya. DOC yang sehat terlihat juga dari matanya yang cerah, bulu yang juga kering dan terlihat cerah, aktif serta tidak terlihat sisa kotoran pada bagian anusnya. Hal tersebut menandakan pencernaannya dalam keadaan baik pula. Pastikan juga Anda membeli DOC yang telah divaksin.

Kandang

Setelah menentukan bibit mana yang akan diternakkan, maka langkah selanjutnya adalah membuat kandang. Ada dua jenis kandang yang bisa dibuat, yaitu kandang model panggung juga kandang tanpa panggung. Untuk pembuatan kandang model panggung memang cenderung lebih mahal bila dibandingkan dengan kandang model biasa, namun perawatannya lebih mudah karena kandang lebih mudah dibersihkan dan kotoran ayam sendiri akan langsung turun ke bawah.

Pakan

Cara memelihara ayam potong dari kecil memang membutuhkan perhatian extra, salah memberikan pakan atau memilih pakan yang tidak berkualitas akan membuat bibit menjadi rusak, tidak berkembang bahkan mati. Pilih pakan yang tepat, bernutrisi dan tidak pernah habis. Sehingga kapanpun ayam lapar, mereka akan langsung memakan pakan yang disediakan. Pelet, dedak, jagung, atau crumbles bisa menjadi pilihan.

Pemeliharaan

Untuk kandang DOC haruslah nyaman. Pastikan kandang dibuat rapat agar udara dingin tidak mudah masuk dan DOC tidak mudah sakit. Lampu di dalam kandang juga sangat dibutuhkan, tujuannya agar bisa membuat tubuh DOC hangat dan mampu melihat sekitar. Menggunakan penghangat kandang juga bisa dipilih terutama ketika cuaca dalam keadaan sangat dingin. Suhu yang paling tepat untuk DOC adalah 32 derajat Celcius. Pada hari pertama DOC masuk kandang, sebaiknya sudah disiapkan larutan gula aren dengan perbandingan 20 hingga 50 gr gula dengan 1 liter air.

Pada minggu-minggu selanjutnya, terutama pada minggu ke empat. Biasanya bulu ayam sudah mulai nampak. Itu artinya, Anda harus menyiapkan lebih banyak lagi pakan, jangan lupa juga untuk tetap membersihkan kandang secara rutin agar ayam tetap bersih dan tidak mudah terserang penyakit. Pastikan juga Anda memberikan vitamin secara rutin pada campuran air minumnya.

Pemberian Vaksin

Cara memelihara ayam potong dari kecil menuju siap panen tentunya perlu perawatan ekstra. Dan untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya, Anda juga bisa memberikan vaksin pada ayam. Vaksinasi sebaiknya tidak diberikan pada ayam yang tengah sakit. Kemudian yang harus Anda perhatkan saat pemberian vaksin adalah, suhu udara di sekitar tempat vaksin. Suhu yang paling tepat tidak lebih dari 29 derajat celcius. Pemberian suplemen serta multivitamin setelah proses vaksin juga bisa dilakukan agar ayam tidak stress.

Panen

Masa panen adalah masa yang ditunggu oleh para peternak. Masa yang paling tepat untuk panen adalah pada saat ayam berusia 30 hingga 35 hari. Di mana bobot dari ayam, seharusnya sudah mencapai 1,5 hingga 2 kg. Waktu panen sebetulnya bsia disesuaikan dengan permintaan dari konsumen. Karena ada yang menyukai ayam berukuran kurang dari 1 kg bahkan ada yang meminta ayam potong berukuran lebih dari 2kg.

Itulah cara memelihara ayam potong dari kecil hingga masa panenpun tiba. Bagi Anda yang ingin melengkapi informasi tentang ayam pedaging, bisa langsung klik tautan di bawah ini. https://www.cekaja.com/info/cara-budidaya-ternak-ayam-pedaging-yang-menjanjikan/ Bisnis yang berkaitan dengan ayam sepertinya akan tetap bagus dari tahun ke tahun. Karena memang peminatnya tetap banyak dan mudah untuk diolah menjadi aneka masakan.

Tidak ada komentar