Begini Cara Menghemat BBM Honda, Biar Uang Saku Tetap Aman


Apapun jenis kendaraan Anda, baik itu roda empat maupun roda dua, masalah BBM tentunya menjadi perhatian khusus. Karena bagaimanapun juga, jika kendaraan boros BBM pastinya menjengkelkan. Terlebih lagi bila kendaraan tersebut menjadi modal utama dan digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Sementara bagi Anda yang menggunakan sepeda motor dengan merek Honda, ada cara menghemat BBM Honda agar Anda tetap bahagia selama menggunakannya.

Harga Bahan Bakar Minyak saat ini memang mahal, namun jangan sampai hal tersebut menghalangi aktivitas Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar BBM menjadi lebih hemat sehingga pengelaran untuk BBM bisa lebih ditekan dan Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan lain. Lantas bagaimana caranya, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Cara Menghemat BBM Honda

1. BBM Oktan Tinggi

Jika selama ini BBM kendaraan Anda sangat boros, poin pertama yang sebaiknya dilakukan adalah mengganti BBMnya. Meskipun harganya cenderung lebih mahal namun memilih BBM dengan oktan yang lebih tinggi tidak bisa diganggu gugat lagi. BBM dengan nilai oktan tinggi tidak akan mudah terbakar. Berikut ini adalah daftar bahan bakar yang bisa dengan mudah di temui di SPBU atau Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum yang dimiliki oleh Pertamina :

- Pertamax Turbo dengan nilai oktan 98
- Pertamax Plus dengan nilai oktan 95
- Pertamax dengan nilai oktan 92
- Pertalite dengan nilai oktan 90
- Premiun dengan nilai oktan 88

2. Batasi Kecepatan

Memacu kendaraan dengan kecepatan yang cukup tinggi secara terus menerus, otomatis akan membutuhkan bahan bakar lebih banyak lagi. Cara menghemat BBM Honda adalah dengan mengendarain kendaraan secara wajar. Tidak hanya boros, masih ada kerugian lain yang bisa Anda dapatkan bila kendaraan kerap digunakan ngebut di jalanan, di mana mesin akan menjadi lebih cepat mengalami kerusakan.

3. Tekanan Angin dan Keseimbangan Roda

Untuk menghemat bahan bakar juga bisa dengan memperhatikan tekanan angin dan keseimbangan pada roda kendaraan. Tekanan angin yang pas, membuat kendaraan menjadi lebih ringan. Jika kendaraan Anda adalah roda empat, maka sebaiknya hindari juga penggunaan aksesori kendaraan yang berlebihan seperti sound system dan yang lainnya. Gunakan selalu roda berukuran standar agar traksi yang dihasilkan menjadi lebih kecil sehingga membantu penghematan BBM.
Beban berlebih pada kendaraan juga ternyata bisa membuat bahan bakar menjadi lebih cepat habis, ini karena tekanan yang berat sehingga memaksa mesin untuk bekerja lebih keras lagi. Karena itu, batasi jumlah penumpang dan barang-barang yangtidak dibutuhkan di atas atau di dalam kendaraan.

4. Matikan Mesin dan AC

Mematikan mesin saat jalanan macet atau berada di lampu merah juga cara menghemat BBM Honda lainnya yang bisa Anda praktikkan. Jika mesin terus dibiarkan menyala tanpa ada pergerakan sebetulnya hanya menguras bahan bakar tanpa hasil apapun. Begitu juga dengan penggunaan AC pada mobil. Nyalakan AC pada saat dibutuhkan saja, jika dirasa tidak perlu matikan saja Acnya.

5. Service

Dan ini cara lainnya yang harus lebih Anda perhatikan, yaitu service kendaraan secara berkala. Jangan tunggu kendaraan rusak baru mengunjungi tempat service atau bengkel. Alih-alih menghemat pengeluaran, bisa jadi Anda menguras kocek lebih dalam lagi karena ternyata kendaraan membutuhkan perbaikan di sana-sini.
Saat melakukan service, minta montir untuk mengecek seluruh komponen mesin. Khusus untuk bahan bakar agar lebih hemat, pastikan klep di stel dengan baik. Jangan lupa untuk mengecek busi kendaraan, jika kualitasnya sudah tidak berfungsi dengan baik segera ganti dengan yang baru. Begitu juga dengan pelumas atau oli kendaraan, sebaiknya untuk yang satu ini juga Anda tidak berkompromi. Pilih pelumas berkualitas yang biasanya akan menjaga suhu mesin agar tidak menjadi lebih cepat panas serta mengurangi gesekan yang kerap terjadi menjadi lebih halus.

Itulah cara menghemat BBM Honda baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk melengkapi informasi ini, Anda bisa membuka link ini https://www.cekaja.com/info/6-cara-menghemat-bbm-agar-tak-boros-bahan-bakar-dan-uang

Mengingat kendaraan merupakan salah satu kebutuhan utama, maka tidak ada salahnya Anda memperhatikan hal-hal tersebut di atas. Yang tidak kalah penting lainnya adalah, jangan lupa untuk membersihkan kendaraan secara rutin atau begitu terlihat kotor atau terkena hujan, tentunya untuk meminimalisir terkena kerusakan-kerusakan lainnya.

2 komentar

  1. Since fuel isn't so cheap each saved dollar on it will make a great amount of money in the long-lasting perspective. But it is important to save money wisely.

    BalasHapus
  2. The operation of your machine and the wear time of many parts that depend on how good fuel you use directly depend on the quality of the fuel.

    BalasHapus