2 Faktor Umum Kram Perut


Kram perut merupakan suatu kondisi yang menggambarkan rasa sakit perut melilit akibat kontraksi otot polos yang terdapat pada organ dalam rongga perut, atau Adbdomen yang meliputi banyak organ seperti diantaranya lambung, usus, pancreas, kandung empedu, esofagus, ginjal, ureter serta Rahim dan organ reproduksi wanita lainnya. Adapun penyebab dari kram perut ini bisa diakibatkan oleh berbagai macam hal, dan faktor menstruasi yang tidak lancar ternyata juga bisa menjadi salah salah satu indikator penyebab perut kram pada wanita ini.

Setiap wanita dewasa pastinya selalu mengalami fase haid atau menstruasi di setiap bulannya. Namun tidak semua wanita mengalami kelancaran siklus menstuasinya, ada yang lancar dan ada yang dikatakan kurang lancar. Fase menstruasi ini bisa dikatakan sudah tidak lancar apabila siklus menstruasinya terjadi kurang dari 21 hari atau terus berlangsung lebih dari 35 hari. Atau bisa juga dengan melihat jumlah darah yang dikeluarkan pada vagina, pada saat menstruasi yang tidak sama. Kadang jumlah darahnya banyak, dan kadang juga darah yang keluar cuma sedikit, bisa juga dijadikan salah satu indikator gangguan menstruasi yang tidak lancar ini.

Setidaknya ada 2 faktor umum yang sering menyebabkan haid tidak lancar ini, dan berikut diantaranya :

  • Gaya hidup yang tidak sehat
Gaya hidup yang tidak sehat biasanya selalu dihubungkan dengan kebiasaan sering begadang, mengkonsumsi junkfood, meminum alcohol, perokok aktif dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan berbagai hali tersebut sejatinya merupakan salah satu yang mempengaruhi ketidak lancaran fase mensturasi.  

  • Faktor Stress
Sering dianggap remeh, ternyata rasa stress ini sendiri faktanya bisa memicu produksi dari hormon estrogen pada seorang wanita, menjadi tidak seimbang. Akibatnya ketidakseimbangan hormon estrogen ini bisa mempengaruhi terhadap kelancaran siklus mensturasi pada wanita. Maka dari itu cara mengatasi hal ini yang paling mudah adalah dengan melakukan refreshing sejenak dengan berjalan-jalan, atau bisa juga dengan melakukan konseling.

Sebenarnya masih banyak faktor yang mempengaruhi ketidaklancaran siklus menstruasi ini, lebih lengkapnya anda bisa baca pada artikel berikut https://www.guesehat.com/haid-tidak-lancar-mungkin-6-hal-ini-penyebabnya.

Tidak ada komentar