Bukan Cuma Tekanan Angin, Berikut Ini yang Harus Dicek Sebelum Berkendara


Mengisi waktu liburan dengan jalan – jalan bersama keluarga atau sahabat memang sangatlah menyenangkan. Apabila perjalanan tersebut menggunakan mobil pribadi, tentu yang paling penting ialah memeriksa kondisi mobil apakah mobil dalam kondisi optimal dan baik untuk dikendarai atau tidak. Terutama jika melakukan perjalanan yang jauh, performa mesin begitu berpengaruh terhadap kenyamanan dalam berkendara serta yang paling krusial yakni keamanan.

Salah satu yang perlu dicek sebelum berkendara adalah kondisi ban mobil beserta tekanan anginnya. Ban mobil sendiri termasuk penting sebab performa mesin yang bagus pasti ditopang dengan ban yang kokoh dari keseluruhan mesin mobil tersebut yang berlangsung dengan stabil. Meskipun begitu, beberapa orang kurang teliti saat mengecek kondisi mobilnya sehingga kondisi ban biasanya terlewat.

Padahal, sekecil apapun masalah yang ada pada ban mobil, dampaknya bisa sangat fatal saat dikendarai. Hal tersebut juga dapat mengubah situasi menyenangkan liburan menjadi suatu kecelakaan fatal yang tidak diharapkan. Kejadian tersebut tentu dapat dihindari semaksimal mungkin. Berikut ini yang harus dicek pada kondisi ban mobil sebelum bepergian.

1. Tekanan Angin pada Ban Mobil


Sudah pasti tekanan angin pada ban mobil merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Akan tetapi, tak jarang pengendara lupa mengeceknya sehingga baru terasa saat mobil telah dijalankan. Ban mobil yang tidak cukup angin menciptakan performa mobil kurang baik bahkan berpengaruh terhadap efisiensi konsumsi bahan bakar. Sebaliknya, terlalu banyak angin pun mengganggu sebab terlalu keras saat mobil dikendarai.


2. Tutup Pentil Ban


Pengendara biasanya memandang tutup pentil pada ban mobil sebagai urusan yang sepele. Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, kurang angin pada ban mobil sangat riskan dan salah satu penyebabnya mungkin karena tutup pentil pada ban mobil yang sudah jelek sehingga menyebabkan angin keluar lebih cepat. Selain itu, bisa saja tanpa disadari tutup pentil ban hilang dan tidak dapat menahan angin yang terisi di dalam ban.


3. Rotasi Ban Mobil


Rotasi ban memegang tanggung jawab pada semua ban sebab menanggung beban ketika mobil melaju. Menjaga situasi ban tetap optimal perlunya dilaksanakan servis rotasi ban supaya tingkat keausan pada ban mobil merata. Servis rotasi ban yang ideal hendaknya dilaksanakan* 10.000 km sekali dan dilakukan di Dealer Toyota Cirebon sebagai dealer resmi Auto2000 dari Toyota.


4. Kondisi Velg Ban Mobil


Kondisi velg pada ban juga dominan terhadap keoptimalan ban mobil sendiri. Velg dengan kondisi jelek bahkan sudah rusak kemudian dapat mengakibatkan ekuilibrium ban mobil berubah serta selanjutnya menyebabkan ban lebih cepat aus.

Demikianlah sejumlah tips untuk memahami kondisi ban mobil yang baik agar berkendara lebih nyaman dan aman. Di samping itu, cek pula kedalaman alur ban mobil serta teratur servis spooring dan balancing.

Servis tersebut dapat dilakukan di Dealer Toyota Cirebon dari Auto2000. Sebagai dealer Auto2000 yang resmi dari Toyota, Dealer Toyota Cirebon pastinya memberikan servis mobil terbaik untuk keperluan mobil Anda. Oleh karena itulah, segera mengatur jadwal servis rutin di Dealer Toyota Cirebon. Untuk anda yang berada di kota cirebon bisa langsung kunjungi Dealer Toyota Cirebon disini.

Tidak ada komentar