Telah Berdiri: Wadah Komunitas Koperasi Syariah 212 Bengkulu

KOTA BENGKULU -- Berawal dari diskusi di media sosial, para anggota Komunitas Koperasi Syariah 212 Bengkulu telah menunjukkan kesungguhannya untuk mendirikan wadah komunitas koperasi syariah 212 di Provinsi Bengkulu. Hal ini dibuktikan dengan pertemuan perdana para anggota komunitas KS 212 pada malam ini (14/10/2017) di salah satu masjid yang terletak di pusat kota Bengkulu.

Pertemuan ini dimulai dengan: 
1. Shalat Magrib Berjamaah
2. Tausiah oleh: Ust Fadli A Lukman, Lc., M.Pd.
Judul : Ekonomi Islam Dalam Tinjauan Siroh Nabawiyah
3. Sosialisasi KS212
4. Tanyajawab
5. Shalat Isya
6. Dilanjutkan dengan diskusi,  registrasi anggota dll.

Dari pantau, terlihat begitu banyak anggota yang hadir malam ini dan begitu antusias mengikuti rangkaian acara sampai dengan selesai hingga pukul 21.00 WIB.

Dari wawancara yang dilakukan dengan ketua penyelenggara pertemuan malam ini, Viktor Hikmana, mengatakan bahwa dilakukannya pertemuan anggota komunitas malam ini adalah untuk sosialisasi Koperasi Syariah, bagaimana cara para anggota yang ingin mendirikan wadah komunitas KS 212 di Bengkulu, dan juga untuk membantu para anggota yang kesulitan dalam melakukan registrasi pada aplikasi online KS 212 dengan menyiapkan relawan membantu para anggota komunitas. "Pada malam ini juga kita sudah menyepakati kepengurusan wadah komunitas KS 212 Bengkulu," Ujar Ketua Penyelenggara.
(Sambutan Ketua Komunitas KS 212 Bengkulu Arif Subagio)

Arif Subagio yang juga bekerja di asuransi syariah menjadi salah satu pembicara pada malam ini memaparkan Tugas Utama Komunitas KS 212 ini adalah sebagai berikut:
1. Menjadi Pusat Informasi KS 212 didaerah atau komunitasnya
2. Menjadi Pusat Pendaftaran Anggota
3. Melakukan Kajian Bisnis Syariah
4. Melakukan Kegiatan Training dan Pengembangan Kompetensi
5. Menjadi Pusat Bisnis Komunitas

Tentu sebagian masyarakat sudah tahu apa itu Koperasi Syariah 212, sesuai dengan angka yang disandang koperasi ini adalah sebuah keterpanggilan para alumni aksi 2 Desember 2016 untuk membangkitkan Izzah ummat Islam melalui jalan penguatan ekonomi berbasis keummatan dengan berjamaah. KS ini juga telah membuka beberapa cabang gerai/supermarket 212 dibeberapa daerah di Indonesia. Kurang dari lima bulan sejak diluncurkan pada tanggal 18 Mei 2017, gerai 212 Mart sudah mencapai 30. Gerai ke-30 itu dibuka pada tanggal 15 Oktober 2017, berlokasi di Jalan Raya Hankam Pondok Melati, Kota Bekasi. Sebaran 212 Mart memang masih terfokus di Jadebotabek. Dari 30 gerai 212 Mart yang dibuka, 23 di antaranya berlokasi di Jadebotabek, hanya tujuh gerai yang berlokasi di luar Jadebotabek. Lokasi gerai 212 Mart di luar Jabodetabek adalah berada di Medan, Pekanbaru, Lebak, Cirebon, Semarang, Magelang dan Surabaya.

Menurut Viktor, dengan konsep syariah yang masih minim di Provinsi Bengkulu, membuat daya tarik tersendiri nanti jikalau KS 212 sempat berdiri dan sudah memiliki beberapa Gerai/Supermarket menjual beberapa kebutuhan sehari-hari para anggota. Sampai malam ini anggota komunitas KS 212 Bengkulu yang berjumlah 236 orang dan angka ini diprediksi akan terus bertambah setelah malam ini di launching kesungguhan para anggota untuk mendirikan Koperasi Syariah 212 di Bengkulu. Para anggota komunitas ini berasal dari beberapa latar belakang, ada pejabat publik, tokoh masyarakat, PNS, pegawai swasta, pengusaha, wartawan, mahasiswa dan masyarakat umum. Banyaknya latar belakang anggota komunitas KS 212 Bengkulu ini menguatkan kembali bahwa hadirnya koperasi berbasis syari'ah sangat dinantikan berdiri di Provinsi Bengkulu ditengah ekspansi bisnis ritel raksasa Indonesia yang merata berdiri di seluruh daerah. 

(Tausiyah oleh Ustadz Fadli A. Lukman, Lc., M.Pd)

Pengurus Komunitas KS 212 Bengkulu menambahkan bahwa, pertemuan perdana pada malam ini akan dilanjutkan pada pembahasan sifatnya teknis, merapikan seluruh dokumen anggota dan akan melakukan sosialisasi lebih masif lagi agar seluruh lapisan masyarakat Bengkulu tahu bahwa akan didirikan komunitas KS 212 di Provinsi Bengkulu. Pertemuan lanjutan ini dijadwalkan besok pagi, Minggu (15/10/2017) di Sekretariat KS 212 Bengkulu di kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu.

Akhirnya, semoga Wadah Komunitas KS 212 hadir di Provinsi Bengkulu dapat membantu perekonomian masyarakat dalam menyediakan barang-barang harian dan dapat pula membuka Gerai 212 Mart keseluruh daerah yang ada di Provinsi Bengkulu. Aamiin yaa Allah...

Galeri Pertemuan:
(Para Peserta Pertemuan Komunitas KS 212 Bengkulu)

(Peserta Didominasi laki-laki)

(Para Relawan Membuat Grup Diskusi)


Rep: es

Tidak ada komentar