Perbedaan Yang Terjadi di Dunia Pendidikan Dahulu dan Sekarang



Gulalives.co, Depok – Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan seseorang, karena dengan pendidikan kita bisa mencapai kualitas dalam hidupnya. Dan dengan pendidikan pula kita bisa menciptakan manusia yang berakhlak baik dan cerdas.
Saat ini pendidikan tiap tahunnya selalu mengalami perubahan. Banyak perubahan yang terjadi dari zaman dahulu hinga zaman sekarang.
Berikut ini adalah perbedaan pendidikan zaman dahulu dan zaman sekarang:

1. Cara belajar

perbedaan dalam cara belajar dahulu dan sekarang sumber foto: nicenpramaisya.blogspot.com
 
Dahulu, kita belajar di sekolah diajarkan oleh guru dengan menggunakan papan tulis dan kapur dan kita mencatat pejaran tersebut dengan pensil, pulpen dan buku. Namun sekarang ini, karena sudha canggihnya tekhnologi, membuat cara belajar di kelas berbeda dengan dahulu. Saat ini belajar tidak lagi menggunakan papan tulis dan kapur, namun guru sudah menggunakan infokus dan laptop untuk menjelaskan materi pejaran di kelas. 

Zaman sekarang ini juga pada siswa tidak perlu lagi untuk mencatatnya menggunakan pensil atau pulpen di sebuah buku, namun mereka bisa meminta materi yang diajarkan guru dengan menggunakan soft copynya. Jadi para siswa bisa mempelajarinya lagi di rumah menggunakan komputer.




2. Sumber pengetahuan dan informasi

perbedaan dari sumber pengetahuan dan informasi zaman dahulu dan sekarang sumber foto: kabarbuton.com

perbedaan dari sumber pengetahuan dan informasi zaman dahulu dan sekarang sumber foto: kabarbuton.com


Zaman dahulu berita, informasi dan ilmu disalurkan dengan sangat lambat. Orang- orang masih begitu sulit mendapatkan informasi. Dan biasanya para siswa hanya dapat memperoleh pengetahuan dengan membaca buku dan bertanya pada guru. Namun sekarang, informasi dapat dicari dengan mudah dan cepat, karena sudah adanya internet, televisi, radio dan surat kabar. Dengan adanya beberapa kecanggihan tekhnologi tersebut membuat kemudahan bagi para siswa untuk memperoleh informasi. Namun dengan kemajuan tekhnologi tersebut banyak juga dampak negatif karena penyalahgunaan internet.


3. Materi Pendidikan

perbedaan pada materi pendidikan zaman dahulu dan sekarang sumber foto: berpapasan.blogspot.com

























perbedaan pada materi pendidikan zaman dahulu dan sekarang sumber foto: berpapasan.blogspot.com


Materi pendidikan pada zaman dahulu lebih menekankan pada pembentukan nurani seorang anak, penguatan karakter yang dimilikinya untuk membuatnya mampu membedakan mana yang baik dan benar. Terlepas sekolah itu sekolah favorit atau tidak, mereka punya kurikulum yang sama. Seolah tidak terbagi menjadi sekolah nasional, sekolah nasional plus atau sekolah internasional. Materi yang diajarkan kepada siswa di setiap propinsi pun sama, kalaupun berbeda tidak terdapat kesenjangan yang sangat berbeda.

Berbeda dengan materi pendidikan zaman sekarang. Kurikulum yang digunakan berbeda tiap sekolah. Bahkan status sekolah pun terbagi menjadi beberapa status, seperti sekolah nasional, sekolah nasional plus, sekolah internasional. Selain itu ada istilah, diakui dan diakredetasi.


4. Orientasi pendidikan

perbedaan orientasi pendidikan dahulu dan sekarang sumber foto: myinfomath.blogspot.com

























perbedaan orientasi pendidikan dahulu dan sekarang sumber foto: myinfomath.blogspot.com

Zaman dahulu, pendidikan dimaksudkan untuk mendidik manusia agar tumbuh mempunyai akhlak yang baik, mengajarkan nilai kehidupan, dan mengajarkan budi pekerti, etika, mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. Setelah itu institusi dan tenaga pendidik baru akan mengajarkan keterampilan yang membuat siswa mampu menyokong hidupnya sendiri di masa depan.

Namun sekarang ini pendidikan lebih berorientasi kepada bagaimana meningkatkan kecerdasan, prestasi, keterampilan, dan bagaimana menghadapi persaingan. Pendidikan saat ini cenderung kehilangan misi utamanya untuk investasi karakter manusia. Pendidikan moral dan karakter bukan lagi merupakan faktor utama seorang anak menjalani pendidikan. Kedua hal ini dianggap menjadi tugas para tokoh agama, tugas orang tua atau wali di rumah. Sekolah sekarang ini berlomba menonjolkan kurikulum yang dipercaya bisa menciptakan generasi muda super dari usia sedini mungkin.

Itulah sedikit perbedaan yang ada pada dunia pendidikan dulu dan sekarang. Perbedaan memang lah bukan suatu hal yang buruk, apalagi jika perbedaan tersebut berdampak menumbuhkan suatu hal yang lebih baik. Alangkah baiknya jika kita bukan mengganti yang sudah ada dahulu, namun lebih ke memperbaiki jika ada yang dirasa kurang sesuai. (MD)

Sumber Asli : http://www.gulalives.co/2016/05/02/perbedaan-pendidikan-dulu-dan-sekarang/

Tidak ada komentar